Pages

Monday 30 May 2011

Si Gurita imut!

Suka banget sama makanan ini!!!!! Namanya Takoyaki.. sering banget denger namanya, tapi belum pernah coba tuh.. akhirnya pas lagi luntang lantung di Ciwalk, nyobain beli cemilan ini di Ritako House

Bentuknya bola-bola jadi adonan yang sudah dipersiapkan di goreng di loyang bulat-bulat, lalu dibalik-balik. Setelah selesai di tempatkan di kotaknya, lalu diberi berbagai topping termasuk keju! :) wahhh ternyata rasanya enak bangetttt :) ternyata eh ternyata lagi takoyaki ini terbuat dari gurita yah? wah baru pertama makan gurita kalau gitu dan enak banget :) :) 


anyway di Ritako House ini memang jual berbagai "jajanan pasar"nya orang Jepang : takoyaki, taiyaki, okonomiyaki, oden, soba, udon, kare raisu dan lain sebagainya.. dan gosipnya lagi pemiliknya orang Jepang asli lho namanya Nyonya Rita Suzuki yang sampai dengan saat ini telah bermukim di kota Yokohama - Jepang selama 20 tahun.. wah seru yah :D dan katanya takoyaki di Ritako house ini masih mempertahankan cita rasa original. Mengapa disebut rasa original, karena mereka hanya menjual Takoyaki yang berisi gurita yang divariasikan dengan keju saja. Tidak seperti Takoyaki yang dijual ditempat lain yang berisi selain dari gurita dan keju, sehingga karena terlalu bervariasinya isinya rasanya tidak khas lagi dan, tidak bisa lagi disebut sebagai Takoyaki khas Jepang...


Nah buat yang ga suka dengan seafood tetap bisa pesan di Ritako House karena ada yang namanya Okonomiyaki, sama percis seperti Takoyaki tapi ga pakai daging gurita..



ga tau juga tuh yang selain Ritako House ini beli di mana lagi, dan apakah enak juga :D wahhh jadi pengen nyemil si gurita lagi :D berikut cerita sekilas tentang si gurita :
Kata Takoyaki berasal dari bahasa Jepang, tako berarti gurita (octopus) dan yaki artinya panggang (tanpa minyak), jadi Takoyaki adalah bola-bola gurita (octopus ball) yang dipanggang. Takoyaki ini merupakan makanan tradisional popular di Jepang dan juga terkenal di negara-negara Asia lainnya seperti di Taiwan, Korea Selatan, China, Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong dan lain-lain. Bahan-bahanya terdiri dari tepung terigu, sayur kol, daun bawang, sakura ebi (udang rebung) dan diberi isi gurita (tako) dengan toping saos takoyaki, mayones, aonori (rumput laut bubuk kering) dan katsuobushi (serutan ikan cakalang) yang dibakar atau dipanggang (tanpa minyak) dalam pembakaran khusus berbentuk bulatan kecil-kecil, sehingga bisa disebut makanan yang menyehatkan (healthy food)

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Enak Juga