Pages

Saturday 11 February 2012

Makan itu bukan soal kenyang, tapi soal passion!



Pas lagi liat2 timeline Tumblr menemukan sebuah video directed by a talented film maker named Rick Mereki (@rickmereki), pas liat video ini bener2 meluap2 deh perasaannya :D sebenarnya bukan karena makanannya terlihat enak2 (karena memang terlihat enak2 :)) tapi karena video ini begitu alive, begitu passionate, begitu bernyawa.. 

Kali ini artikel nya agak sedikit berbeda, bukan artikel liputan makanan :) tapi artikel pendek yang akan bercerita tentang passion. Mungkin ga sedikit orang di luar sana sama seperti kami di tim Ceritaperut, yang punya passion tentang makanan.. bisa jadi kamu juga adalah bagian seperti kami :)

Karena bagi kami makanan bukan cuma sekedar urusan lapar dan kenyang, tapi it's really more than that. Kuliner bisa jadi salah satu cara kita belajar banyak hal, salah satunya adalah dari budaya yang ada di belakang "masakan" itu sendiri. Kuliner adalah potret perjalanan manusia yang melekat di belakangnya. Karena dalam menciptakan "makanan" itu sendiri butuh proses, butuh niat, butuh cinta dan tentu saja butuh passion. Seorang ibu penjual ayam penyet, setiap hari berjualan, bisa melakukan proses yang begitu rumit, dari membeli cabai yang terbaik, menggoreng, mengupas, mengulak dengan tenaga dan keringat, untuk meracik bumbu, sehingga menghasilkan sambal yang nikmat luar biasa.

Seorang bapak tua pedagang pecel, memahami betul sayuran yang pas, yang bebas dari hama, yang lembut setelah direbus dengan waktu yang pas, meracik bumbu kacang, menggoreng bahan kacang tanah dengan pengalamannya selama puluhan tahun. Tentu makanan lebih dari sekedar pengisi perut :)

Ada banyak cerita di baliknya, ada sejarah dan proses yang tidak singkat di balik ramuannya, dan tidak jarang ada cinta seorang ibu atau bahkan seorang bapak yang membanting tulang untuk keluarganya :)

Buat kalian yang memiliki perasaan sama, tentu bahagia banget kalau bisa mencoba berbagai makanan yang berbeda-beda, cita rasa dari seluruh dunia. Kuliner pun bisa membawa kita berkeliling dunia, belajar mengenal hal-hal baru dan tentu saja tidak ada perasaan yang bisa mengalahkan sensasi lidah kita saat mengecap rasa-rasa yang berbeda-beda, unik dan terkadang membangkitkan perasaan yang juga berbeda-beda. Tidak jarang pula tidak hanya indra lidah kita yang dilibatkan, tapi juga penciuman yang menyatu untuk membangkitkan perasaan yang luar biasa :D

Yah ini cuma sedikit sharing dari kami yang begitu cinta kuliner, bukan sebagai pengenyang perut, tapi sebagai pemuas jiwa raga dalam usaha kami mengenal dunia, menjelajah dan menjalani passion.

Selamat berwisata kuliner! dan nikmati videonya :)

Wisata Kuliner Jajanan Info Kuliner Bandung Lengkap Ceritaperut
Wisata Kuliner Jajanan Info Kuliner Bandung Lengkap Ceritaperut

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Enak Juga